Pengaturan Cetak Foto Menggunakan Aplikasi Adobe Photoshop

Kali ini kami akan berbagi tips menggunakan Photoshop dalam kaitannya dengan proses mencetak foto melalui printer..

COLOR SETTINGS

Cocokkan color settings pada Photoshop Anda sesuai gambar berikut. Pengaturan color settings sebenarnya tidak mutlak harus sama, tetapi yang kami tampilkan di sini adalah pengaturan yang paling direkomendasikan. Anda bisa menyimpan pengaturan warna ini dengan menekan tombol save.



Color Settings

PENGATURAN DI MENU PRINT PADA ADOBE PHOTOSHOP

Kami menganggap foto yang akan dicetak sudah siap. Saatnya masuk ke menu Print (File > Print) dan kita akan melakukan sedikit pengaturan di sini. Lihat gambar berikut:

Menu Print di Photoshop


Di menu Color Handling, ada beberapa pilihan pengaturan. Untuk saat ini, kita akan memilih "Printer Manages Colors". Untuk pilihan yang lain, akan kita bahas di lain waktu.

Kita juga perlu memilih Rendering Intent. Untuk cetak foto, secara umum kita menggunakan jenis "Perceptual" untuk pilihan Rendering Intent-nya. Terkadang kita juga bisa menggunakan jenis "Relative Colorimetric" untuk foto landscape / pemandangan atau untuk menghadirkan kesan tertentu dari suatu foto.


PENGATURAN DI DRIVER PRINTER

Sekarang saatnya kita melakukan pengaturan di driver printer atau printing preferences. Dari menu Print di Photoshop, klik tab "Page Setup". Menu printing preferences akan tampil seperti berikut.

Printing Preferences > Main

Pastikan kita memilih "Paper Type" dan "Quality" dengan benar. Kesalahan pengaturan ini, misalnya memilih kertas plain paper untuk cetak di kertas foto, akan mempengaruhi hasil cetak. 

Sekarang kita masuk ke menu "More Options". Lihat gambar di bawah dan lakukan pengaturan seperti di gambar tersebut. Anda bisa mengeksplorasi pilihan-pilihan yang ada, karena sering kali masalah warna adalah masalah selera, ada yang suka soft, tetapi ada juga yang menyukai warna yang matang. Untuk warna yang matang, Anda bisa memilih Adobe RGB di pilihan Color Controls. Anda juga bisa memilih Photo Enhance. No Color Adjustment bisa Anda pilih dengan syarat Anda memilih "Photoshop Manages Colors" di pengaturan Color Handling yang terdapat di menu Print pada aplikasi Photoshop, tetapi ini akan mempengaruhi pemilihan Printer Profile. Kita tidak akan membahas pengaturan ini untuk saat ini.

Printing Preferences > More Options


Setelah pengaturan ini selesai, Selamat Mencoba

No comments:

Post a Comment