Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Ketombe merupakan masalah kecil yang sebetulnya besar. Kenapa saya katakana demikian? Karena ketombe sering dispelekan, padahal jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan kerontokan rambut yang parah, apalagi jika ketombe dicampur dengan stress itu sangat rentan rontok. Ketombe juga membuat kepala kita gatal sehingga kita sering tergoda untuk menggaruknya, bahkan saking asyiknya menggaruk kulit kepala secara tidak sadar kita bisa melukai kulit kepala sampai berdarah. Untuk menghilangkan ketombe anda biasanya menggunakan shampo yang suka muncul di iklan. Tapi tidak semua orang tidak cocok dengan shampo-shampo tersebut,seperti pengalaman saya berganti-ganti shampo, hasilnya ketombe masih saja ada. Nah ada cara alami untuk menghilangkan ketombe sebagai alternatif yang bisa Anda lakukan. Silahkan dicoba, nanti lihat mana yang cocok untuk Anda.

Beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami

cara menghilangkan ketombe secara alami

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan ketombesecara alami dengan bahan-bahan alami:

Daun Pandan

Daun pandan ternyata bukan hanya untuk menambah aroma sedap pada kue lo, daun pandan juga bisa digunakan sebagai alternatif untuk menghilangkan ketombe. Cara membuat racikannya yaitu siapkan 5-7 daun pandan kemudian cuci dengan bersih lalu tumbuk sampai halus. Setelah ditumbuk lalu peraslah, bisa juga menggunakan saringan. Ambil air perasan lalu oleskan secara merata di seluruh bagian kepala lalu bilaslah dengan air.

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis

Kita tahu bahwa jeruk nipis adalah buah yang mengandung vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Air jeruk nipis juga bisa langsung digunakan sebagai shampo keramas untuk menghilangkan ketombe. Cara penggunaanya yaitu peras jeruk nipis lalu airnya dioleskan ke seluruh bagian kulit kepala. Lakukan ini secara rutin, bisa setiap hari atau 2 hari sekali untuk mengurangi serangan ketombe yang menggila. Selain dengan jeruk nipis, anda juga bisa menggunakan jeruk lemon dengan perlakuan yang sama seperti jeruk nipis

Minyak Zaytun

Minyak zaytun dikenal memiliki vitamin dan mineral yang tinggi. minyak zaytun bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe secara alami juga. Caranya adalah oleskan minyak zaytun secukupnya secara merata dan pastikan sampai ke kulit kepala. Jangan lupa sambil dipijat ketika mengoleskannya. Pijat minimal 5 menit. Setelah itu bungkus kepala dengan handuk bersih lalu diamkan selama kurang lebih satu jam lalu bilas.

Daun Kangkung dan Daun Seledri

Siapa sangka dibalik daun kangkung dan daun seledri tersimpan zat yang berguna untuk menghilangkan ketombe. Mungkin anda tidak menyangka kalau kedua tumbuhan sayuran ini bisa dibuat sebagai penghilang ketombe secara alami. Lalu bagaimana kedua bahan tersebut bisa menjadi solusi untuk masalah ketombe? Yaitu dengan membuat ramuan dari kedua tumbuhan tersebut.

Cara membuat ramuannya adalah : ambil 5 lembar daun kangkung dan 5 lembar daun seledri, siapkan 1 sendok teh garam dan satu gelas air bersih. Langkah berikutnya adalah tumbuklah daun kangkung dan daun seledri hingga halus, lalu masukan garam dan diaduk dengan kangkung dan seledri. Setlah itu masukan ke wadah dan masukan air satu gelas lalu di aduk. Setelah teraduk lalu saringlah ramuan tersebut dengan menggunakan saringan halus. Air yang sudah disaring inilah yang akan dijadikan obat alami untuk menghilangkan ketombe. Basuhkan air keseluruh bagian kulit kepala lalu lakukan pijatan halus. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu bilas. Lakukan hal ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.cara menghilangkan ketombe secara alami ini dijamin aman dan tanpa efek samping.

Itulah cara menghilangkan ketombe secara alami, semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment