Energy Positif Memiliki Peranan Penting dalam Game Dota atau Dota 2

Pernahkan kalian bermain DotA atau Dota 2 dimana pada saat di awal-awal game dalam keadaan kalah namun bisa membalikkan keadaan di akhir game? Kira-kira apa penyebab utamanya? "The power of will." Keinginan dan kepercayaan bahwa kita masih bisa memangkan game tersebut. Energi positif tersebutlah yang menjadi penyebab utama kita masih mau berjuang sepenuh hati untuk memenangkan game. Sebuah tekad yang kuat dan determinasi tinggi untuk menunggu mereka berbuat satu kesalahan yang berakhir dengan kemenangan. Hal ini bisa dicapai karena adanya inisiatif untuk menghilangkan semua pikiran negatif seperti gampang menyerah dan lain-lain di seluruh anggota team. Kapten team berperan besar untuk hal ini dengan cara memberi penjelasan kepada rekan satu tim bahwa kita masih percaya bisa memenangkan pertandingan. Inilah tips dan petunjuk yang dijabarkan dengan bagus oleh iGk.Jakku dan NinjaMovesPro dari playdota.com tentang bagaimana caranya memberikan pengaruh energy positif pada saat bermain.
Energy Positif Memiliki Peranan Penting dalam Game DotA atau Dota 2

  • Jangan mencari-cari kesalahan, carilah solusi. Kamu harus paham bahwa rekan satu team kalian adalah manusia (kecuali berteman dengan Ai). Mereka pasti akan melakukan kesalahan. Jangan dimaki-maki, jangan dimarahi seburuk apapun permainan mereka. Sebaliknya, beritahukan secara baik-baik, ajarkan bagaimana yang seharusnya dilakukan. Sebagai contoh, teman satu team anda yang menjadi tumpuan harapan untuk memenangkan war pada saat team fight ternyata mati terkena ganking. Gara-gara itu, pihak lawan bersiap-siap untuk push Mid lane. Maka sampaikan kepada rekan team yang lain agar merelakan saja tower tersebut dan sebagai gantinya kamu harus push Top tower dan baraknya. Trick ini sudah pernah dijabarkan di artikel Membangun Kepercayaan Diri Team DotA dan Dota 2.

  • Pujian untuk performa bagus mereka. Sebuah kata sederhana seperti "gj" atau "nice" memiliki makna yang sangat berarti bagi seorang pemain. Mereka akan merasa bahwa permainan bagus mereka dihargai dan akan menginspirasi agar mereka bermain lebih baik lagi. Alasan utamanya adalah sudah jelas bahwa kepercayaan diri sangat penting.

  • Berikan kata pembangkit semangat. Banyak kata yang dapat mewakilkan untuk membangkitkan semangat juang sebuah team. Dengan mengucapkan kata-kata tersebut mereka akan merasa bahwa kita sangat yakin dan percaya diri untuk memenangkan game ini. Ini salah satu cara untuk membangkitkan kekuatan dan kelebihan yang dimiliki oleh team kamu. Hal ini layaknya seruan pembangkit semangat pada jaman perang kolosal jaman dahulu. Kalau kita sering nonton di film, sebelum perang, pasti para komandan perangnya akan memberikan kata-kata yang mampu membangktkan semangat juang prajuritnya. Tidak mungkin hal ini dilakukan bila tidak ada maksud tertentu. Bukan hanya sebagai pembangkit semangat, namun juga akan memberitahukan kepada seluruh team bahwa setiap orang mesti berjuang sebaik-baiknya. Dengan demikian, tidak akan ada keraguan pada mereka dalam menghadapinya.

  • Jangan pernah menunjukkan rasa takut. Apa yang bisa oleh seorang kapten dari seluruh teamnya jika dirinya sendiri saja sudah takut? Menjadi seorang kapten pasti menjadi panutan. Jika kamu merasa takut, itu berarti kamu tidak memiliki kepercayaan pada dirimu sendiri, apalagi percaya kepada anggota team yang lain?

  • Selalu bermain dengan kemampuan maksimal. Saat anggota team kamu melihat bagaimana kiprahmu dalam bermain yang memberikan segala sesuatu secara total, mereka akan terinspirasi untuk melakukan hal yang sama. Juga pikirkan cara yang terbaik agar team menjadi lebih gampang dalam bermain dengan cara memilih hero yang bagus, selalu roaming untuk menolong lanes lain bila dibutuhkan, mendominasi lane kita sendiri, farm item kita sendiri dengan cepat dan lain sebagainya.

Memberikan pengaruh positif itu lebih penting daripada latihan selama berbulan-bulan tanpa memberikan motivasi kepada team. Demikian sedikit tips tentang bagaimana caranya untuk memberikan pengaruh positif terhadap sebuah team yang kita bentuk dan bina bersama teman-teman.

No comments:

Post a Comment