Sejarah Asal Asul Kemunculan Blog

BLOG, siapa yang tidak kenal dengan sebutan ini? Hampir semua orang yang mengenal internet pasti akan mengetahui jika ditanya, “apa itu blog..?” Tapi, tahukah kalian tentang bagaimana sebenarnya sejarah dari kemunculan blog ini? Pasti ada yang tahu, tapi juga banyak yang tidak. Karena sangat sedikit sekali publikasi menganai
sejarah kemunculan blog ini kepada masyarakat luas, apalagi referensi sumber-sumber yang membahasnya.
Untuk itu, daripada kita penasaran terus menerus, yuk kita simak bersama-sama ulasannya..



Pada awal kemunculannya blog dahulu dikenal sebagai diary online. Pioner dari internet-based journalist ini yang berperan besar dalam awal perkembangan blog adalah Justin Hall yang untuk pertama kalinya membuat diary online di Justin Links From The Underground ketika ia masih duduk di bangku pendidikan Swarthmore College.
Saat itu blog yang dikenal dengan istilah diary online merupakan sebuah website yang berisi kumpulan link yang mengarah pada sebuah halaman website lain untuk dibahas dan dikomentari oleh pemilik diary terkait dengan halaman website lain yang dicantumkannya tersebut. Bisa dikatakan jika bentuk blog saat itu merupakan sebuah katalog link yang berdasarkan opini pemilik blog. Wah, agak jauh berbeda dengan konsep blog sekarang ini ya? Lalu, para diarist merupakan editor yang menampilkan link-link milik website lain yang kemudian dibahas dan dikomentari dalam bentuk opini yang yang ditampilkan dalam diary online mereka.

Pada tahun 1997, Jorn Barger yang merupakan seorang programmer pengelola diary online bernama robot wisdom membuat istilah weblog yang diambil dari kata logging the web. Seperti yang kita tahu jika logging berarti masuk. Jadi, logging the web berarti masuk ke webstie. Kenapa muncul istilah ini? Ya, hubungannya adalah karena saat itu pada awal perkembangan blog, para blogger banyak yang mulai memasuki dunia website guna menampilkan link-link halaman website milik orang lain yang kemudian dirangkum dalam diary online miliknya diserta dengan sebuah opini tentunya.

Pada tahun 1998, sudah ada beberapa website yang dikategorikan sebagai sebuah blog. Mengapa sangat sedikit sekali orang yang melakukan aktifitas blogging pada waktu itu? Apakah dunia blogging belum dikenal oleh masyarakat luas? Bukan, hal itu karena pada masa awal perkembangan blog sangat sulit bagi orang awam untuk memiliki sebuah blog layaknya sekarang ini. Seorang blogger paling tidak harus mahir atau memiliki pengetahuan khusus tentang programming, website, html, web hosting, dan file hosting untuk membangun sebuah blog. Sehingga, hanya blogger yang berpengalaman di dunia internet, system administration, atau web designer sajalah yang bisa memiliki blog pribadi.

Memasuki tahun 1999, nasib dunia blogging sudah mulai berubah secara signifikan. Karena saat itu muncul blogger.com yang menjadi platform situs penyedia layanan pembuatan blog secara gratis yang diluncurkan pertama kali oleh perusahaan silicon valley bernama Pira Lab pada Agustus 1999. Pada tahun ini Peter Merholz merubah istilah weblog menjadi wee-blog, hingga akhirnya hanya menjadi blog saja.

Pada tahun 2002, Google mengakuisisi blogger.com dari perusahaan pemilik sebelumnya. Akibatnya, blogger.com pun semakin berkembang menjadi situs penyedia jasa pembuatan blog secara online dan gratis yang dilengkapi fitur-fitur yang semakin menunjang kemudahan para blogger dalam membuat dan mengembangkan blog pribadi mereka masing-masing. Banyak penambahan fitur maupun aplikasi-aplikasi penunjang yang pada intinya semakin memberikan kemudahan bagi para blogger dalam mengembangkan blog miliknya. Tanpa keahlian khusus pun kita akan dengan mudah untuk membuat sebuah blog dalam hitungan menit!
Setelah itu, dunia blogging mulai berkecamuk dengan mulai munculnya banyak blogger-blogger baru hingga platform blog baru seperti movable type, wordpress, dsb.

Di Indonesia sendiri, awal perkembangan blog dimulai sekitar tahun 2000an. Saat itu blog mulai diperkenalkan oleh para pelajar yang berkuliah diluar negeri yang pulang ke Indonesia dan membawa blog universitas yang dimilikinya sewaktu berkuliah dulu. Mulai tahun 2004, jumlah blogger di Indonesia terus bertambah hingga sekarang ini.

Bagaimana? Sudah jelas bukan tentang sejarah kemunculan blog itu sendiri dari awal hingga sekarang ini? Yup, sebagai seorang blogger jangan sampai melewatkan info ini yaa..?
Mari kita manfaatkan kemudahan yang diberikan para platform penyedia layanan pembuatan blog yang serba gratis menarik ini sebaik mungkin. Jika kita belum memiliki sebuah blog, maka cepatlah membuat karena ada banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil darinya. Jika sudah memiliki blog, mari kita gunakan fasilitas blog ini sebagai wahana untuk saling memberi dan berbagi informasi, inovasi, serta kreatifitas untuk kebaikan, bukan untuk kejahatan! Betul?

Salam Blogger..!!

No comments:

Post a Comment