Fungsi Dari Alexa Rank

Setelah saya membaca ulasan teman-teman yang tampil di search engine (dengan keyword "apa fungsi alexa"), saya jadi tertarik untuk ikut membahas fungsi alexa bagi sebuah site
Alexa Internet, Inc. adalah perusahaan berbasis di California yang
mengoperasikan situs yang menyediakan informasi mengenai data suatu situs dan urutannya. Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat.
Data yang bisa kita dapat dari alexa hampir komplit, yaitu:

  • Jumlah link in:
    Seperti yang disampaikan alexa, link in menunjukkan kepopuleran sebuah site, karena dengan banyaknya link in, berarti site tersebut bisa diakses dari mana saja, ibarat rumah dengan banyak pintu.
  • Search Query :
    Search Query, merupakan keyword yang digunakan oleh pengunjung untuk sampai di sebuah site. Dengan memperhatikan search query sebuah site, maka para advertiser atau pemilik iklan, akan dengan mudah menentukan apakah site tersebut sesuai dengan produk yang hendak dipasang. Pemilik iklan tinggal mencari apakah di site tersebut trafik dengan keyword yang dia tetapkan cukup tinggi.
    Meskipun ada sedikit keanehan, blog jaudhis mywapblog ini untuk keyword "harga baru satria fu 2012" berada di rating tertinggi yaitu 68.38%. Padahal saya tidak pernah menulis artikel tersebut biggrin
  • Review dari visitor
    Alexa memberikan akses kepada publik untuk menuliskan kesannya atas site yang telah dikunjungi tersebut.
    Hal ini bagi pemilik Iklan akan semakin mengenal kualitas dari site tersebut.
Dari penjelasan di atas maka bisa ditarik kesimpulan kalau Alexa merupakan "catwalk" bagi sebuah site, karena kebaikan dan keburukan sebuah site akan tampak dengan jelas di situ.
Bagi sebuah site yang hendak dijual, data alexa selalu diperhitungkan untuk menentukan harga, selain pagerank dan domain. Bahkan kabarnya (namanya kabar berarti belum teruji) untuk menentukan pagerank, google juga menggunakan data alexa.
Sedang untuk pemilik site, alexa bisa membantu menentukan konten apa yang bisa mendatangkan banyak visitor, sehingga bisa berkosentrasi pada konten tersebut.
Itulah yang saya tahu mengenai alexa, semoga bisa melengkapi pengetahuan teman-teman mengenai nona alexa

No comments:

Post a Comment