Cara Daftar Dan Memasang Cbox Pada Blogspot

Sebelumnya kita telah membahas tentang bagaimana cara membuat buku tamu tersembunyi, dimana dalam penerapan /aplikasinya nanti dibutuhkan penyedia buku tamu/chatbox dari pihak ketiga. Banyak situs penyedia chatbox yang beragam dengan fasilitas dan kelebihanya masing-masing, tapi dibalik kelebihan tersebut terdapatlah sebuah kekurangan, kali ini saya tidak akan membahas kelebihan dan kekurangan masing-masing situs penyedia layanan chatbox
tersebut, tetapi menurut saya situs penyedia chatbox yang sangat dianjurkan untuk para pengguna blog adalah situs www.cbox.ws dengan nama chatbox-nya adalah Cbox, karena rata-rata blogger menggunakan Cbox dan banyak pula saat ini situs yang menggunakan layanan Cbox karena fiturnya yang sederhana dan memiliki banyak kegunaan dibandingkan penyedia chatbox lainnya, baiklah langsung saja saya akan memandu Anda untuk mendaftar dan memasang Cbox pada blog Anda, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini :


[1]. Pertama buka situs www.cbox.ws

[2]. Setelah itu klik Sign Up dan isi formulirnya sesuai dengan data-data Anda. Untuk Penjelasan silahkan dibaca agar tidak terjadi kesalahan dalam mengisi formulirnya :
  • Cbox Name = Isi dengan nama untuk cbox Anda, yang nantinya bisa dibuka melalui address dengan www.namaAnda.cbox.ws sebagai contoh punya saya adalah www.hariopamungkas.cbox.ws
  • Email Address = isi dengan alamat Email Anda
  • Pasword = isi dengan password yang nantinya digunakan untuk loggin akun cbox
  • Confirm Pasword = ketik ulang password yang Anda tuliskan pada kolom di atas 
  • Website = isikan dengan alamat blog Anda, contoh : http://www.hariopamungkas.blogspot.com
  • Language = Pilih bahasa yang Anda suka, tapi ini tidak tersedia untuk bahasa Indonesia
  • Style = Pilih Tampilan yang Anda sukai dan contoh dari tampilan tersebut bisa Anda lihat pada bagian kanan formulir tersebut
  • Setelah semua diisi, silahkan dicentang pada tulisan "I have read and do agree to the Cbox terms and conditions of service."

[3]. Setelah selesai klik tombol Create my Cbox.

[4]. Setelah langkah Sign Up dilakukan dengan benar maka akan ada tulisan CBOX CREATED! pada halaman selanjutnya, naaahhhh sekarang Anda baca penjelasannya dan sebuah email telah terkirim pada email yang Anda pakai saat melakukan Sign Up tadi. Pada email tersebut terdapat sebuah link dan Anda klik link tersebut untuk menuju ke langkah selanjutnya.

[5]. Lalu Anda akan akan menuju Cbox kembali untuk mengambil kode yang nantinya akan dipasangkan ke blog Anda, setelah dapat maka copy kode tersebut dengan mengklik Copy to Clipboard dan setelah dicopy, saatnya untuk memasang Cbox tersebut di blog Anda dengan langkah-langkah di bawah ini :
  • Loggin ke akun Blogger
  • Klik "Tata Letak" dan "Tambah Gadget"
  • Pilih "HTML/Java script", setelah itu paste-kan kode Cbox yang telah Anda copy tadi dan "Simpan".
  • Selesai dehhh, dan fasilitas chatbox telah tersedia di blog Anda.

Catatan :
Jika Anda ingin menggunakan fasilitas chatbox ini dan diletakkan pada buku tamu tersembunyi, caranya gampang tinggal sisipkan saja kode Cbox tadi.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment