Apa Itu Hosting?


Pada postingan yang lalu kami telah membahas apa itu domain. Domain sangat berkaitan erat dengan Hosting. karena tanpa hosting domain anda tidak akan di kunjungi pengunjung karena, domain anda dianggap tidak ada di internet. Oleh karena itu domain sangat berkaitan erat dengan hosting



Berdasarkan istilah hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server untuk disewakan sehingga memungkinkan setiap orang menempatkan data di internet.

Bila diibaratkan dengan toko, domain itu adalah nama toko dan hosting itu adalah tempat tokonya. Bila toko tersebut ingin dikunjungi dan terjadi jual beli maka nama toko dan tokonya harus dipadukan. Begitu juga dengan alamat website, bila ingin bisa diakses online maka domain dan hostingnya harus ada. Iya kan?

Misalkan saya mempunyai warung makan yang bernama murah meriah yang terletak di gedung A lantai 3 Yang dimaksud domain adalah nama dari warung saya tersebut yaitu murah meriah

Sedangkan hosting yaitu warungnya yang menyimpan dan meletakan isi atau barang dagangan.
Sebenarnya kita bisa menggunakan komputer kita sebagai server/hosting yang dipublikasikan ke internet. Namun itu terlalu merepotkan , karena komputer tersebut mesti standby 24 jam sehari, belum lagi masalah keamanan dan pemeliharaan.

Di indonesia saat ini banyak penyedia hoting dengan harga murah, kita tinggal memilih paket mana yang kita suka, biasanya dibedakan dengan ruang hardisk berapa GB , sistem operasi, kecepartan data transfer dll. Untuk lebih lengkap tentang cara pemilihan hosting , silahkan cari postingan tentang cara memilih hosting…..

No comments:

Post a Comment