Apa itu Alexa Rank ?



Alexa Rank atau Peringkat Alexa adalah sebuah sistem yang dirancang oleh alexa.com berfungsi untuk menyatakan rangking/peringkat suatu situs yang didasarkan pada traffic situs tersebut. Semakin bagus trafficnya, semakin tinggi Peringkat situs tersebut. Semakin kecil nilai Alexa Rank
Anda, maka semakin bagus.
Selain hal tersebut, alexa rank juga dapat digunakan sebagai sarana uji banding antar situs, melihat banyaknya negara yang mengunjungi suatu situs, melihat kata kunci terbanyak yang masuk, memperlihatkan trends audience, dan memperlihatkan kontak informasi pada suatu situs.

Cara Mengetahui Alexa Rank
Salah satu cara mengetahui Alexa Rank adalah dengan mengunjungi situs Alexa.com, klik tab “site info” , setelah itu pada bagian “site lookup” isikan dengan URL situs Anda. Lalu klik GO. Maka akan tampil data-data yang tercatat oleh Alexa mengenai situs Anda. Cara lain adalah dengan memasang widget dan toolbar Alexa.
Jika saya simpulkan maka, Alexa Rank adalah sebuah sistem peringkat popularitas sebuah website yang dirancang oleh alexa.com. Dan Untuk mengetahui perinkat alexa secara up to date, dapat memanfaatkan toolbar alexa.

Cara kerja Alexa rank
Alexa memberikan peringkat ke sebuah situs berdasarkan jumlah pengunjung unik. Semakin rendah alexa rank dari situs berarti situs memiliki sedikit pengunjung unik.Jadi jika Anda bisa mendapatkan lebih banyak traffic ke situs Anda, Anda akan mendapatkan lebih rendah alexa rank.
Alexa trafic didasarkan pada pola penggunaan Alexa Toolbar.Dari situs resmi Alexa bahwa alexa rank diupdate setiap 3 bulan. Alexa’s rank hanya memberikan peringkat pada halaman domain tingkat atas saja atau home (misalnya http://www.domain.com) . Alexa tidak memberikan peringkat untuk subpages dalam sebuah domain (mis. http://www.domain.com / subpage.html) atau subdomain (misal subdomain.domain.com) kecuali jika Alexa dapat secara otomatis mengenali mereka sebagai situs pribadi atau blog, seperti yang host di geocities dan tripod. Jika situs dikenal pasti sebagai halaman home web pribadi atau blog, maka halaman home tersebut akan di index dan diranking oleh Alexa. Jadi alexa rank untuk sub page otomatis mengikuti Alexa rank halaman utama (home).

Lantas,bagaiman cara meningkatkan alexa rank secara cepat?


Nah,Di bawah ini akan saya sharing tentang tips dan cara meningkatkan ranking alexa :

1.    Blogwalking
Ini adalah cara yang sering saya lakukan, blogwalking dan menyebar komen untuk menambahkan backlink juga to!! Jika anda belum tahu apa kegunaan backlink anda bisa lihat di artikel saya tentang apa kegunaan backlink. Selain menambah backlink ternyata sangat berpengaruh terhadap peringkat alexa kita. Bisa dikatakan alexa memberikan ranking dari pengunjung blog tersebut, hal ini sangat berhubungan dengan blogwalking, karena dalam blogwalking kita mengundang blog yang kita kunjungi untuk berkunjung juga ke blog kita dan hal tersebut tanpa sengaja pasti menambahkan pengunjung blog kita. Selain itu dengan bertukar link dengan blog yang sudah terbukti kualitasnya. Submit Blog ke Search Engine, dan selalu membalas semua komentar yang ada di blog kita.

2.    Pasang Alexa Toolbar
Download dan install alexa toolbar pada browser kita, itu sudah terbukti di blog saya. Sangat cepat kan perkembangan ranking alexanya. Selain itu jadikan blog kita sebagai homepage browser kita, jika anda bekerja di kantor atau di manapun tempat kerja anda dan di situ terdapat beberapa komputer yang selalu terhubung dengan jaringan internet maka ubahlah semua homepage browser nya dengan blog kita. Hehehehe curang ya, tapi kan demi peringkat, seng penting kan gag haram caranya!!

3.    Pasang Widget Alexa Rank
Pasanglah widget ini dari akun anda di alexa karena dengan anda memasang widget ini di blog anda maka nilai plus akan anda dapat dari alexa karena berarti anda sangat menghargai peringkat yang diberikan oleh nya.

4.    Tulis artikel Tentang Alexa
Tulislah beberapa coretan tentang alexa dan nyonya nya akan semakin tersenyum karena dia telah anda puja puji, hehehehehehe

5.    Buat label atau tags dan apapun tentang alexa
Sebenarnya cara ini sama seperti cara no 4 tapi hal ini akan lebih mengoptimalkan dalam meningkatkan ranking kitadan saat anda membuat artikel tentang Situs Alexa, selalu gunakan label atau kategori dengan keyword :  alexa, alexa rank, alexa traffic rank, rangking alexa, dan lain sebagainya. Intinya ada kata ‘Alexa’ , ini akan membuat senang si tante yang genit ini.

6.    Update secara berkala
Selalu update blog anda secara berkala buatlah rentan waktu tertentu, seperti seminggu sekali, 3 hari sekali, atau bisa juga sehari sekali. Itu akan memudahkan semua blog directory mengindex postingan blog anda tak terkecuali alexa.

No comments:

Post a Comment