10 Situs Pembuat Blog

Blog merupakan sebuah sarana yang begitu ideal bagi kita untuk mengekspresikan apapun juga yang ada dalam diri kita kepada masyarakat luas. Selain gratis, kita dapat mendesain tema blog kita dengan ratusan template blog yang juga disediakan secara gratis oleh masing-masing situs penyedia jasa pembuatan blog.
Berbicara tentang situs penyedia layanan jasa pembuatan blog
ini, ternyata ada banyak sekali yang memberikan layanan secara gratis dan beredar luas di internet. Beberapa contoh yang cukup terkenal di antaranya ada yang berasal dari Indonesia lho? Yup, blog detik dan dag dig dug merupakan yang paling banyak diminati masyarakat.



Ingin tahu lebih lengkap mengenai apa saja nama-nama situs penyedia jasa pembuatan blog yang gratis ini? Yuk kita langsung bahas bersama..


 

Blogger

Siapa yang tidak kenal situs kepunyaan google ini. Bisa dikatakan jika situs ini merupakan situs penyedia blognya sejuta umat karena banyaknya orang yang menggunakan. Dengan tampilan yang cukup menarik, sederhana, dan mudah pengoperasiannya, blogger menjelma menjadi raksasa situs penyedia pembuatan blog yang paling utama. Tertarik? Tidak hanya itu, selain gratis dalam pembuatannya, kita juga akan berpeluang untuk mendapatkan tambahan penghasilan dengan fasilitas adsense yang disediakannya. Pilihan templatenya pun sangat beragam dan menarik. Tunggu apalagi untuk mencobanya?

 

Wordpress

Wordpress menjadi pilihan terbanyak kedua bagi seseorang yang akan membuat blog. Meski sekarang wordpress mengenakan biaya sebesar $17,00 perbulan, tapi peminatnya pun tidak banyak berkurang. Mengapa? Karena wordpress terkenal dengan kotak komentarnya yang user friendly. Jika kalian menginginkan sebuah blog yang berpotensi mendapatkan banyak pembaca dan komentar, wordpresslah jawabannya. Karena saat kita mendaftarkan diri ke wordpress kita akan tergabung dalam sebuah komunitas blog yang besar dimana akan selalu muncul update postingan setiap blog yang akan dilihat oleh setiap blogger yang memakai wordpress. Hal inilah yang berperan besar dalam membuat wordpress menjadi blog yang diminati banyak orang. Meski pilihan templatenya banyak, tetapi cara pemasangannya relatif sulit. Sehingga bagi blogger pemula pasti akan sedikit kebingungan dalam pemasangannya yang tidak semudah blogger.


Blogsome

Blogsome memiliki kesamaan dengan wordpress. Meski kuarng polpuler karena tidak banyak yang menggunakan, tetapi blogsome memiliki tampilan halaman admin yang lebih sederhana. Kekurangan yang membuat banyak orang enggan untuk memakainya adalah sedikitnya template yang disediakan, baik bawaan dari blogsome maupun dari pihak ketiga.


Journal Space

Pada halaman utamanya memberikan banyak menu untuk melihat adanya update postingan terbaru dari sesama pengguna journal space seperti halnya wordpress. Hal ini bisa dikatakan menjadi sebuah keuntungan tersendiri, karena secara otomatis postingan blog kita akan terpromosikan secara otomatis hingga dapat dilihat oleh semua pengguna journal space yang ada.


My Opera

Jika dilihat dari tampilan halaman utamanya, My Opera terkesan sebagai produsen penyedia jasa pembuatan blog yang khusus untuk mempublikasikan konten-konten foto. Jika kalian suka dengan opera dan gemar untuk mengoleksi atau berkecimpung dalam dunia foto-foto, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagi dengan blogger lain tentang konten yang kalian punya lewat My Opera.


Weebly

Situs ini memiliki tampilan template yang sederhana karena sebagian hanya menampilkan isi postingannya saja tanpa dilengkapi dengan sidebar. Situs ini pun kurang dikenal oleh masyarakat karena sebagian besar lebih memilih antara blogger dan wordpress.


Multiply

Situs ini cukup banyak juga yang menggunakannya. Sejauh ini tampilan multiply cukup baik dari segi desain template yang disediakan maupun halaman administratornya. Jika kalian tertarik, kenapa harus menunggu untuk mencoba?


Webnode

Webnode lebih menyasar bagi kalangan pengusaha yang ingin memasarkan produknya secara online. Situs ini terlihat begitu menawan pada halaman mukanya. Tetapi untuk eksistensinya sampai saat ini baru sedikit masyarakat yang baru mengenalnya. Jika kalian tipe pebisnis yang ingin membuat sebuah weblog secara gratis untuk memasarkan produk, webnode bisa jadi salah satu pertimbangan yang tepat.


Blog Detik

Inilah situs penyedia layanan pembuatan blog yang paling terkenal buatan Indonesia. Jika mendaftar di sini, ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan. Misalnya saja adalah postingan kita akan dimuat dalam halaman situs detik.com maupun subdomain lainnya jika artikel kita terpili sebagai artikel yang berkualitas.


Dag Dig Dug

Dag Dig Dug merupakan situs penyedia jasa layanan blog yang cukup baik yang juga buatan Indonesia. Tampilannya cukup memuaskan dan memberikan kita kemudahan untuk melihat siapa yang menjadi blogger pilihan dan siapa yang menjadi blog pilihan bagi mereka semua yang mendaftar.

Bagaimana? Banyak platform yang menyediakan kita kemudahan untuk blogging secara gratis dan memuaskan bukan? Tunggu apalagi untuk mulai menggerakan jari-jemari kita menuliskan ide, gagasan, pemikiran, dan kreatifitas?
Ayo kita ngeblog..!

No comments:

Post a Comment