Menurut Ubisoft Pembajakan Game PC Semakin Meningkat

Sepertinya ini sudah bukan merupakan hal yang baru lagi buat kita gamer Indonesia. Saya yakin sekali pasti hampir semua dari kalian pernah menggunakan game PC bajakan. Pertama karena kita juga perlu menghemat keuangan, dan yang kedua tentu karena game bajakan ternyata lebih mudah didapat, benar tidak? Selain itu, di negara kita juga sudah bukan sesuatu yang tertutup lagi kalau dvd bajakan pun beredar dimana-mana tanpa was-was sedikit pun. Perusahaan game besar seperti Ubisoft mengatakan kalau tingkat pembajakan di PC saat ini sekitar 93-95%.

Menurut Ubisoft Pembajakan Game PC Semakin Meningkat


Langkah apa yang kemudian diambil oleh Ubisoft dalam menanggapi hal ini? Gamexeon menguraikan bahwa Ubisoft memiliki rencana untuk merubah bisnis mereka dari jualan game menjadi jualan konten melalui game Free to Play (F2P). Jadi game akan diberikan secara gratis tetapi nanti di dalamnya akan banyak terdapat konten yang dijual. Mungkin konsepnya seperti Item Mall yang populer di banyak game Online di Indonesia.

Pada acara Gamescom minggu lalu Ubisoft telah mengumumkan bahwa mereka akan menerbitkan banyak game eksklusif untuk PC yang tersedia gratis dalam format F2P seperti Silent Hunter Online, Anno Online, The Settlers Online, dan Heroes of Might Heroes Online. Mereka juga sedang sibuk membuat Shootmania Storm serta Ghost Recon Online.



Dengan adanya pengakuan bahwa Ubisoft telah mengalami pembajakan sampai 95%, apakah ini artinya DRM Ubisoft yang merepotkan pengguna game original sebenarnya gagal melawan pembajakan?

No comments:

Post a Comment