Pages

Night Diamond Bloody Red - Background Shrink and Grow
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Laman

Labels

Pengikut

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 26 Januari 2013

Cara Menulis PDF di Adobe Reader X

Berbeda dengan versi-versi sebelumnya, Adobe Reader X menambahkan kemampuan highlight maupun sticky note. Tentu hal tersebut sangat membantu kita yang mulai senang membaca dan belajar menggunakan e-book. Layaknya di buku fisik (berbahan kertas), kini kita dapat menambahkan catatan-catatan, menandai bagian-bagian yang dianggap penting dengan warna tertentu. Berikut ini uraian singkat cara penggunaannya:

  1. Jalankan Adobe Reader X, lalu buka berkas PDF target. Buatlah blok pada kalimat atau kata yang akan ditandai, lalu klik tombol Highlight Text. 
  2. Secara default, warna penanda (highlight) adalah kuning menyala. Jika ingin mengubahnya, klik kanan pada blok penanda tersebut lalu pilih Properties. 
  3. Pada kotak dialog Highlight Properties, klik tombol Color untuk mengubah warna. Atur pula transparansinya dengan menggeser tombol pasak (slider) Opacity. Jika setelan ini ingin diterapkan pada penanda selanjutnya, beri tanda cek pada pilihan Make Properties Default. Selanjutnya, pilih warna penanda. Jika ingin warna lainnya, klik link teks Other Colors. 
  4. Pada kotak dialog Colors, pilih warna yang diinginkan. Jika sudah selesai, klik tombol OK. 
  5. Selain penanda, kita juga dapat menambahkan Sticky Note (misalnya untuk mencatat arti dari suatu kata “sulit” yang berbahasa Inggris, referensi pembanding dari sumber lain, penjelasan dari dosen, dan lainnya). Klik tombol Add Sticky Note yang berbentuk balon kata, lalu klik-tahan ikon balon kata yang tampil dan geser pada kata-kata atau kalimat yang bersangkutan. Pada kotak teks Sticky Note, ketik catatan-catatannya. Kotak teks tersebut juga dapat digeser posisinya. 
  6. Jangan lupa untuk menyimpan hasil penyuntingan yang telah kita buat. 
Selamat mencoba.

0 komentar

Poskan Komentar